Sekilas Ponsel Cerdas


Ponsel cerdas (smartphone) menjadi benda paling dekat dengan manusia karena ponsel cerdas dimasa kini hampir memenuhi segala apa yang manusia butuhkan. Beragam fitur aplikasi ponsel cerdas dapat mendukung segala macam aktifitas mereka mulai dari pribadi, pekerjaan, keuangan, hingga religi. Fenomena ini akhirnya memunculkan istilah, “dunia dalam genggaman.”

Telepon selular atau ponsel bagi sebagian orang merupakan hal yang sangat berharga. Rata-rata orang jika ditanya benda apa yang selalu dibawa setiap hari dan diusahakan tidak tertinggal, jawaban mereka adalah ponsel. Bagi mereka ponsel selalu ada dan harus ada selalu mulai dari bangun tidur hingga tertidur kembali di malam hari.

Pengertian ponsel cerdas dalam perkembangannya berubah mengikuti jaman. Rata-rata pertimbangan apakah sebuah telepon selular termasuk kedalam ponsel cerdas atau bukan dinilai dari kemampuannya menerima, mengirim, dan membaca surat elektronik atau surel (e-mail).

Ponsel cerdas pertama yang diciptakan bernama Simon yang dirancang oleh IBM pada tahun 1992. Simon dijual ke publik pada tahun 1993 oleh BellSouth, sebuah perusahaan holding telekomunikasi Amerika yang berbasis di Atlanta, Georgia, yang di tahun 2006 melakukan merger dengan AT&T. Simon tidak hanya berfungsi sebagai telepon genggam, tapi juga memiliki kalender, buku telepon, jam dunia, tempat pencatat, surat elektronik, kemampuan menerima dan mengirim faks, dan permainan. Simon tidak memiliki tombol, melainkan layar sentuh. Untuk mengetik nomor atau mengirim faksimil serta memo, pengguna menggunakan jari atau stylus. Fitur Simon pada jamannya dinilai sangatlah canggih.

Pada tahun 1996, Nokia mengeluarkan Communicator yang dimulai dengan seri 9000. Ponsel cerdas ini merupakan gabungan dari PDA yang diproduksi Hewlett Packard dan ponsel Nokia. Nokia 9210 merupakan komunikator pertama yang layarnya berwarna dan menggunakan sistem operasi hingga ponsel ini disebut ponsel cerdas sejati.

Pada tahun 2001, Handspring mengeluarkan ponsel cerdas Palm OS Treo; sebuah ponsel dengan papan ketik, jelajah internet tanpa kabel, surel, kalender, dan pengatur daftar nama dengan aplikasi dari pihak ketiga yang dapat diunduh atau diselaraskan dengan komputer. Tahun berikutnya RIM mengeluarkan Blackberry pertama yang merupakan ponsel tanpa kabel dengan fungsi surel yang optimal.

Tahun 2007, sistem operasi Android dirilis secara resmi oleh Google dan Open Handset Alliance. Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti ponsel dan tablet. Awalnya Android dikembangkan oleh Android Inc. dengan dukungan finansial dari Google. Google kemudian membelinya pada tahun 2005. Sementara itu ponsel Android pertama mulai dijual pada bulan Oktober 2008.

Penggunaan ponsel Android menunjukan kemajuan yang sangat pesat. Berdasarkan hasil survey di bulan April – Mei tahun 2013, ditemukan bahwa Android merupakan platform paling populer bagi para pengembang, telah digunakan oleh 71% pengembang aplikasi seluler. Android pun menjadi sistem operasi ponsel cerdas yang paling banyak digunakan di dunia.

Faktor-faktor yang menyebabkan Android menjadi pilihan bagi banyak perusahaan teknologi yaitu karena biayanya yang rendah, bisa dikostumisasi, dan ringan untuk perangkat berteknologi tinggi tanpa harus mengembangkannya dari awal. Karena sifatnya yang terbuka, sistem operasi yang awalnya dirancang khusus untuk ponsel pintar dan tablet, berkembang menjadi aplikasi tambahan di televisi, konsol permainan, kamera digital, dan perangkat elektronik lainnya. Hingga bulan Mei 2013, total 900 juta perangkat Android telah diaktifkan, dan 48 miliar aplikasi telah dipasang dari Google Play.

Copyright © 2016 MATARAM DESIGN. All Rights Reserved